Home » , » Honda S90 Series Sang Pionir Motor Honda di Indonesia

Honda S90 Series Sang Pionir Motor Honda di Indonesia

Honda S90 Series - Honda S90 merupakan jenis motor Honda yang merupakan sang pionir atau pendatang pertama motor jenis Honda di Indonesia ini. Motor S90 ini sebenarnya ada beberapa panggilan terkenalnya pada masyarakat Indonesia ini, ada yang menyebutnya Honda SZ, Honda siki nangka dan juga yang lainnya. Sehingga tidaklah mengherankan apabila pecinta otomotif di indonesia tidak tahu akan nama tipe yang sebenarnya.


Honda jepang ini pada awal kehadirannya di Indonesia ini  hanya meluncurkan Honda Super 90 (Honda S90) yang membopong mesin berkekuatan jenis 4 tak dan dengan dukungan kapasitas mesin hanya 90 cc saja. Pada awal produksinya, honda SZ atau s90 ini hanya diproduksi terbilang cukup sedikit diera tahun pertamanya hadir, yakni hanya sekitar 1500 unit saja. Namun pada tahun berikutnya jumlah motor yang diproduksi mulai meningkat drastis dikarenakan permintaan pasar yang dibilang cukup bagus, dari 1500 unit menjadi 30.000 unit dan masih terus meningkat dari tahun ketahunnya.
Pada awal kedatangannya ke Indonesia, motor honda S90 ini merupakan sudah jadi siap pakai karena merupakan rakitan 100% langsung di Jepang oleh para teknisi Honda langsung dan dipasarkan oleh PT Federal Motor Indonesia. Lalu pada tahun 1971, Motoe Honda S90 ini mulai dirakit di Indonesia dengan bahan baku atau sparepart masih dibuat di Jepang 100%.

Honda S90 ini didukung dengan mesin berkapasitas 90cc dengan hasil semburan tenaga tenaga berkisar sebesar 8hp sehingga tidaklah mengherankan apabila honda SZ ini diklaim mampu melaju 64mph atau 103 kmph. Tak salah bila motor ini dinamakan "Super" karena dengan kapasitas engine 90 cc dapat melaju sekencang itu. Untuk konsumsi bahan bakarnya tentu saja sangatlah irit dan efisien.
Nah berikut ini adalah beberpa foto dari Honda S90 series dari awal tahun produksi sampai terakhir diproduksi di Indonesia:
tahun 1960
tahun 1964 sampai tahun 1969

tahun 1969

tahun 1969-1970
 Itu saja ulasan informasi mengenai Honda S90 Series Sang Pionir Motor Honda di Indonesia yang dapat disajikan kepada anda semuanya, semoga saja ulasan informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semuanya, amin
Diberdayakan oleh Blogger.